24 Jul 2011

PEMBELAJARAN DENGAN EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI


Saat ini guru dianjurkan untuk membuat RPP dan silabus yang menggunakan fase-fase eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Fase-fase ini berdasarkan Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pembelajaran. Namun belum banyak yang memahami, oleh karena itu posting berikut ini disajikan sedikit pengertian tentang eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi yang dilengkapi dengan beberapa contoh RPP.
Eksplorasi
Eksplorasi adalah upaya awal membangun pengetahuan melalui peningkatan pemahaman atas suatu fenomena (American Dictionary). Strategi yang digunakan memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan menerapkan strategi belajar aktif.

Pendekatan pembelajaran yang berkembang saat ini secara empirik telah melahirkan disiplin baru pada proses belajar. Tidak hanya berfokus pada apa yang dapat siswa temukan, namun sampai pada bagaimana cara mengeksplorasi ilmu pengetahuan. Istilah yang populer untuk menggambarkan kegiatan ini ialah “explorative learning”. Konsep ini mengingatkan kita pada pernyataan Lao Tsu, seorang filosof China yang menyatakan “I hear and I forget. I see and I remember. I do and I understand.”
Jaringan komputer pada saat ini telah dikembangkan menjadi media yang efektif sebagai penunjang efektifitas pelaksanaan pembelajaran eksploratif. Salah satu model yang dikembangkan oleh Heimo adalah Architecture of Integrated Information System sebagai model terintegrasi yang menggambarkan kompleksnya proses pembelajaran yang efektif dan interaktif.
Pendekatan belajar yang eksploratif tidak hanya berfokus pada bagaimana mentransfer ilmu pengetahuan, pemahaman, dan interpretasi, namun harus diimbangi dengan peningkatan mutu materi ajar. Informasi tidak hanya disusun oleh guru. Perlu ada keterlibatan siswa untuk memperluas, memperdalam, atau menyusun informasi atas inisiatifnya. Dalam hal ini siswa menyusun dan memvalidasi informasi sebagai input bagi kegiatan belajar (Heimo H. Adelsberger, 2000).
Peta Konsep yang dikembangkan oleh Laurillard (2002) dalam tulisan Heimo menunjukan kompleksitas kegiatan eksplorasi dalam proses pembelajaran yang mengharuskan adanya proses dialog yang (1) interaktif (2) adaptif, interaktif dan reflektif (3) menggambarkan tingkat-tingkat penguasaan pokok bahasan (4) menggambarkan level kegiatan yang berkaitan dengan meningkatkan keterampilan menyelesaikan tugas sehingga memeperoleh pengalaman yang bermakna. Ada pun konsep tersebut dapat disajikan seperti diagram di bawah ini :
Pendekatan eksploratif berkembang sebagai pendekatan pembelajaran dalam bidang lingkungan atau sains. Sylvia Luretta dari Fakultas Pendidikan Queensland misalnya, mengintegrasikan pendekatan ini dengan lima faktor yang menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna, yaitu belajar aktif, belajar konstruktif, belajar intens, belajar otentik, dan kolaboratif yang menegaskan pernyataan bahwa pembelajaran eksploratif lebih menekankan pada pengalaman belajar daripada pada materi pelajaran.
Dari pengalaman menggunakan model kooperatif dan kolaboratif dalam praktek pembelajaran pengelolaan kelas ternyata mampu meningkatkan kinerja belajar siswa dalam melakukan langkah-langkah eksploratif.
Model pembelajaran ini dapat dikembangkan melalui bentuk pertanyaan. Seperti yang dikatakan oleh Socrates bahwa pertanyaan yang baik dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan lebih mendalam.
Eksplorasi merupakan proses kerja dalam memfasilitasi proses belajar siswa dari tidak tahu menjadi tahu. Siswa menghubungkan pikiran yang terdahulu dengan pengalaman belajarnya. Mereka menggambarkan pemahaman yang mendalam untuk memberikan respon yang mendalam juga. Bagaimana membedakan peran masing-masing dalam kegiatan belajar bersama. Mereka melakukan pembagian tugas seperti dalam tugas merekam, mencari informasi melalui internet serta memberikan respon kreatif dalam berdialog.
Di samping itu siswa menindaklanjuti penelusuran informasi dengan membandingkan hasil telaah. Secara kolektif, mereka juga dapat mengembangkan hasil penelusuran informasi dalam bentuk grafik, tabel, diagram serta mempresentasikan gagasan yang dimiliki.
Pelaksanaan kegiatan eksplorasi dapat dilakukan melalui kerja sama dalam kelompok kecil. Bersama teman sekelompoknya siswa menelusuri informasi yang mereka butuhkan, merumuskan masalah dalam kehidupan nyata, berpikir kritis untuk menerapkan ilmu yang dimiliki dalam kehidupan yang nyata dan bermakna.
Melalui kegiatan eksplorasi siswa dapat mengembangkan pengalaman belajar, meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan serta menerapkannya untuk menjawab fenomena yang ada. Siswa juga dapat mengeksploitasi informasi untuk memperoleh manfaat tertentu sebagai produk belajar.
Ciri-ciri pembelajaran berbasis eksplorasi : (1) Melibatkan peserta didik mencari informasi (topik tertentu), (2) Menggunakan beragam pendekatan ,media dan sumber belajar,(3) Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik.
Ciri-ciri pembelajaran berbasis konfirmasi : (1) Guru memberi umpan balik positip terhadap hasi belajar anak didik,(2) Guru memberi konfirmasi hasil eksplorasi peserta didik, (3) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksi pengalaman belajarnya
Elaborasi
Kognitivisme memiliki beberapa cabang ilmu, di antaranya teori asimilasi, atribusi, pertunjukkan komponen, elaborasi, mental model, dan pengembangan kognitif. Teori elaborasi adalah teori mengenai desain pembelajaran dengan dasar argumen bahwa pelajaran harus diorganisasikan dari materi yang sederhana menuju pada harapan yang kompleks dengan mengembangkan pemahaman pada konteks yang lebih bermakna sehingga berkembang menjadi ide-ide yang terintegrasi. Pengertian ini dirumuskan Charles Reigeluth dari Indiana University dan koleganya pada tahun 1970-an. Konsep ini memiliki tiga kata kunci yang fokus pada urutan elaborasi konsep, elaborasi teori, dan penyederhanaan kondisi.
Pembelajaran dimulai dari konsep sederhana dan pekerjaan yang mudah. Bagaimana mengajarkan secara menyeluruh dan mendalam, serta menerapkan prinsip agar menjadi lebih detil. Prinsipnya harus menggunakan topik dengan pendekatan spiral. Sejumlah konsep dan tahapan belajar harus dibagi dalam “episode belajar”. Selanjutnya siswa memilih konsep, prinsip, atau versi pekerjaan yang dielaborasi atau dipelajari.
Pendekatan elaborasi berkembang sejalan dengan tumbuhnya perubahan paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa sebagai kebutuhan baru dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran. Dari pikiran Reigeluth lahirlah desain yang bertujuan membantu penyeleksian dan pengurutan materi yang dapat meningkatkan pecapaian tujuan. Para pendukung teori ini juga menekankan pentingnya fungsi-fungsi motivator, analogi, ringkasan, dan sintesis yang membantu meningkatkan efektivitas belajar. Teori ini pun memberikan perhatian pada aspek kognitif yang kompleks dan pembelajaran psikomotor. Ide dasarnya adalah siswa perlu mengembangkan makna kontekstual dalam urutan pengetahuan dan keterampilan yang berasimilasi.
Menurut Reigeluth (1999), teori elaborasi mengandung beberapa nilai lebih, seperti di bawah ini.
• Terdapat urutan instruksi yang mencakup keseluruhan sehingga memungkinkan untuk meningkatkan motivasi dan kebermaknaan.
• Memberi kemungkinan kepada pelajar untuk mengarungi berbagai hal dan memutuskan urutan proses belajar sesuai dengan keinginannya.
• Memfasilitasi pelajar dalam mengembangkan proses pembelajaran dengan cepat.
• Mengintegrasikan berbagai variabel pendekatan sesuai dengan desain teori.
Teori elaborasi mengajukan tujuh komponen strategi yang utama, (1) urutan elaborasi (2) urutan prasyarat belajar (3) ringkasan (4) sintesis (5) analogi (6) strategi kognitif, dan (7) kontrol terhadap siswa. Komponen terpenting yang melandasi semua itu adalah perhatian.
Semua stratregi itu harus berlandaskan pada materi dalam bentuk konsep, prosedur, dan prinsip. Hal itu terkait erat dengan proses elaborasi yang berkelanjutan, melibatkan siswa dalam pengembangan ide atau keterampilan dalam aplikasi praktis. Strategi ini memungkinkan siswa untuk menambahkan sendiri ide dalam menguatkan pengetahuannya. Contoh yang tepat untuk ini adalah peserta didik yang memiliki daftar contoh konsep atau sifat yang dapat bermanfaat.
Ciri-ciri pembelajaran berbasis Elaborasi : (1) Membiasakan peserta didik untuk membaca dan menulis yang beragam melalui tugas tertentu,(3) Memfasilitasi peserta didik untuk memunculkan gagasan baru melalui pemberian tugas, (4) Memberi kesemptan siswa untuk berpikir,menganalisa,menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.,(5) kooperatif,(6) berkompetisi secara sehat, (7) Membuat laporan.
Konfirmasi
Kebenaran ilmu pengetahuan itu relatif. Sesuatu yang saat ini dianggap benar bisa berubah jika kemudian ditemukan fakta baru yang bertentangan dengan konsep tersebut. Oleh karena itu, sikap keilmuan selalu terbuka dalam memperbaiki pengetahuan sebelumnya berdasarkan penemuan terbaru. Sikap berpikir kritis dan terbuka seperti itu telah membangun sikap berpikir yang apriori, yaitu tidak meyakini sepenuhnya yang benar saat ini mutlak benar atau yang salah mutlak salah. Semua dapat berubah.
Cara berpikir seperti itu tercermin dalam istilah mental model yang mendeskripsikan sikap berpikir seseorang dan bagaimana pikirannya berproses dalam kehidupan nyata. Hal tersebut merepresentasikan proses perubahan sebagai bagian dari persepsi intuitif. Mental model itu membantu seseorang dalam mendefinisikan maupun menetapkan pendekatan untuk memecahkan masalah (wikipedia). Dengan sikap berpikir seperti itu siswa dapat mengembangkan, mengembangkan ulang, dan menggugurkan pengetahuannya jika telah menemukan kebenaran yang lain.
Mental model itu juga dapat melahirkan keraguan terhadap informasi yang diperolehnya. Untuk meningkatkan keyakinan akan kebenaran maka siswa dapat difasilitasi dalam mengembangkan model struktur sseperti pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi atau klarifikasi.
Model ini dapat dinyatakan dalam diagram seperti tertuang di bawah ini meliputi enggage, explore, explain, extend, dan berpusat pada pengembangan kemampuan mengevaluasi sebagaimana yang dikembangkan Anthony W. Lorsbach dari Universitas Illinois sebagai berikut
Saya perlu mengetahui lebih banyak mengenai……..
Saya ragu mengenai ….
Saya tidak yakin bahwa …..
Saya perlu memahami lebih dan menerapkan …….
Dalam prakteknya guru meningkatkan kemampuan ini melalui pengembangan materi. Baik mengenai hal apa yang ingin diketahui siswa lebih jauh, seperti apa tingkat pemahaman dan penguasaan yang ingin dikembangkan dan keraguan apa yang melekat dalam pemahaman tersebut.
Sikap keraguan itu perlu dijawab dengan mengkonfirmasikan terhadap unsur-unsur yang dapat meningkatkan kejelasan atas kebenaran suatu informasi. Siswa melakukan uji kesahihan apakah informasi yang dijadikan landasan kesimpulan itu benar-benar kuat.
Penguatan itu sendiri diperoleh melalui kegiatan eksplorasi melalui perluasan pengalaman, elaborasi melalui sharing dan observation, proses dan genaralisasi dan akhirnya siswa menerapkan pembelajaran yang berstandar dengan merujuk pada paradigma kognitifisme.
Ciri-ciri pembelajaran berbasis konfirmasi : (1) Guru memberi umpan balik positip terhadap hasi belajar anak didik,(2) Guru memberi konfirmasi hasil eksplorasi peserta didik, (3) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksi pengalamn belajarnya.
Contoh 1.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP
Kelas/Semester                                :   XII / 5.
Alokasi waktu                                  :   4 x 45 menit.
Standar Kompetensi                         :   Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar                            :   Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram.
Indikator                                          :
  1. Data disajikan dalam bentuk tabel.
  2. Data disajikan dalam bentuk diagram.
  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
  1. Membaca dan membuat data dalam bentuk diagram dan tabel serta kegunaanya.
  2. Membaca dan membuat histogram beserta kegunaanya.
  3. Membuat poligon frekuensi dan kurva ogive beserta kegunaanya.
  1. Materi Ajar
    1. Tabel dan diagram
  1. Metode Pembelajaran
    1. Pemberian tugas.
    2. Tanya jawab.
    3. Diskusi
  1. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (15 menit)
  1. Salam, memeriksa kesiapan siswa
  2. ………………
Apersepsi           :   Mengingat kembali mengenai penulisan data tunggal maupun kelompok, membahas PR.
Motivasi             :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca dan membuat sajian data dalam bentuk tabel dan bentuk diagram.
  1. Kegiatan Inti
Dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi ini guru melakukan
  1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
1. Memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
2    Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
3        Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk  diagram berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
4.   Melibatkan peserta didik  dalam  membahas contoh dalam Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram..
…………………..
  1. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
1.  Membiasakan peserta didik membaca dan membuat data dalam bentuk tabel atau diagram.
2    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar matematika pariwisata untuk dikerjakan secara individual.
c.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
  1. Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
  2. Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain.
  3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
  4. Memberikan motivasi kepada peserta didi yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram..
  1. Kegiatan Akhir
    1. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
    2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
    3. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
    4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
  1. Alat / Bahan / Sumber Belajar
    1. Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata 3 tentang Statistik.
    2. Sumber lain yang relevan.
  1. PENILAIAN
Teknik                      :   Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
Bentuk Instrumen      :   Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lesan.
Contoh Instrumen     :
1.     Dari 210 siswa baru SMK “XX” tercatat 60 siswa memilih Program keahlian A, 70  siswa memilih Program keahlian B dan 45 siswa memilih Program keahlian C serta sisanya memilih Program keahlian D. Jika dibuat diagram lingkaran, maka juring untuk program keahlian D mempunyai sudut pusat ….
  1. 35o
  2. 60o
  3. 70o
  4. 120o
  5. 210o
2.Perhatikan data nilai suatu mata diklat berikut :
Nilai 4 5 6 7 8 9
Frekuensi 2 4 7 7 3 2
Dengan dasar data di atas, seorang siswa diwajibkan mengikuti Remidi (Perbaikan)apabila nilainya di bawah rata rata. Banyaknya siswa yang tidak mengikuti Remidi adalah ….
  1. 2 orang
  2. 5 orang
  3. 12 orang
  4. 13 orang
  5. 19 orang
3.Berikut ini adalah kurva Ogive tinggi badan 50 siswa
Dengan membaca kurva di atas , pernyataan berikut yang benar adalah ….
  1. 10 siswa tinggi badannya kurang dari 149,5 cm
  2. 10 siswa tinggi badannya sama dengan 149,5 cm
  3. 10 siswa tinggi badannya lebih dari 149,5 cm
  4. 14 siswa siswa tinggi badannya kurang dari 149,5 cm
  5. 14 siswa tinggi badannya lebih dari 149,5 cm
4.Dengan memperhatikan tabel di samping rata-ratanya adalah ….
  1. 19,4
  2. 19,5
  3. 20,0
  4. 20,5
  5. 21,0
Nilai Xi F Fxi
5 – 910 – 1415 – 1920 – 24 25 – 29 712….22 27 1397 5 736..154 135


25
5.Diagram lingkaran berikut adalah jenis ekstra kurikuler di suatu SMK yang diikuti oleh 500 siswanya. Banyaknya siswa yang tidak mengikuti ekstra paskibra adalah ….
  1. 200 siswa
  2. 250 siswa
  3. 300 siswa
  4. 350 siswa
  5. 375 siswa

Kunci Jawaban :
  1. b
  2. c
  3. a
  4. a
  5. d
Norma penilaian
Nomor 1 benar nilai 20
Nomor 2 benar nilai 20
Nomor 3 benar nilai 20
Nomor 4 benar nilai 20
Nomor 5 benar nilai 20 +
Jumlah Nilai = 100
Mengetahui
Kepala SMKN 6 Semarang                                     Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd.                                Nika Dewi Indriati,S.Pd
NIP 19621219 199303 1 007                               NIP. 19760125 200212 2 003
2. Contoh  Draft   RPP Bernuansa Karakter pola EEK
Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan istilah DRAFT untuk data berikut. Mengapa? Karena contoh-contoh bentuk kegiatan dalam tahapan eksplorasi, elaborasi masih belum  lengkap.
1. Contoh RPP Bernuansa Karakter Pola EEK SMP
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah                   :      …………………………………..
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                :     VII/I
Standar kompetensi          :     2.   Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar            :     2.4. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi  kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.
Alokasi waktu                   :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan;
3. menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45 (semangat perjuangannya);
4. menunjukkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.
v      Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
3. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45 (semangat perjuanganya).
4. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.
C. Metode
Ceramah bervariasi dan penugasan.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan.
2).  Elaborasi
  • Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
  • Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi.
3) Konfirmasi
  • Guru memberikan klarifikasi.
  • Guru meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan yang dirasakannya.
Penutup
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang nilai-nilai ‘45 dan hubungannya dengan kehidupan masa kini.
2).  Elaborasi
  • Guru membagi siswa dalam 8 kelompok.
  • Tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam mengisi kemerdekaan.
  • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
  • Kelompok lain menanggapi.
3) Konfirmasi
  • Guru memberikan klarifikasi
Penutup
  1. Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  2. Siswa mengisi kuesioner: check list (V)
E.   Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • UUD 1945
  • Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, teks Proklamasi
F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian Teknik penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
  • · Menerapkan  cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
  • · Memberi contoh cara menghargai para pahlawan
  • · Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan
  • · Menunjukkan perilku positif  terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI.
Penilaian diriPenilaian antar teman QuesionerLembar penilaian antar teman Petunjuk!Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
NO PERNYA-TAAN YA TDK
1 Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia

2 Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja

3 Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden

3 UUD 1945 petrtama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI

4 Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945

5


Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan  ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
Penialain perilaku melalui pengamatan  ( Instrumen terlampir ).

Mengetahui,Kepala SMP/MTs ……………(__________________________)NIP/NIK : …………………………
…..,…………………  20 …….Guru Mapel PKN(_______________________)NIP/NIK : …………………………








2. Contoh RPP Bernuansa Karakter untuk SD/MI pola EEK
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
Nama Sekolah      :  ……………………………
Tema                     :  Diri Sendiri
Kelas/Semester    :  II / 1
Alokasi Waktu     :  3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
  • Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
  • Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
  • Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
  • Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
  • Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
  • Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan
  • Seni Rupa                     :  Mengapresiasi karya seni rupa.
  • Seni Tari                       :  Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
  • Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2.   IPS
  • Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3.   IPA
  • Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
  • Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
4.   Matematika
  • Membandingkan bilangan 1 sampai 500
  • Mengurutkan bilangan sampai 500
  1. 5. Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
  • Mendeskripsikan isi puisi
  • Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
  • Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
  • Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
  • Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
  • Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
  • Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
  • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
  • Mengidentifikasi gerak alam semesta
I.    Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat  :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
  • Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
  • Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
  • Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
  • Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
  • Menjelaskan sifat benda padat
  • Menjelaskan sifat benda cair.
  • Menentukan bilangan 1 samapai 500
  • Menentukan bilangan lebih besar.
  • Menentukan bilangan lebih kecil.
  • Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
  • Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  • Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
  • Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
  • Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
  • Menyebutkan pengertian bilangan genap.
  • Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
  • Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
  • Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
  • Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
  • Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
  • Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
  • Mendeklamasikan puisi
  • Menjelaskan isi puisi
  • Memperagakan percakapn
  • Membuat percakapan.
  • Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
  • Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
  • Membaca teks dengan bersuara.
  • Mengajukan pertanyaan bacaan,
  • Menceritakan kembali isi bacaan.
  • Membaca puisi
  • menceritakan isi puisi..
  • Melengkapi cerita
  • Menyusun kalimat  menjadi cerita
  • Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
  • Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
  • Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
  • Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
  • Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
  • Memilih objek benda alam yang menarik.
  • Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
  • Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
  • Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
  • Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
v     Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
  • Hidup gotong royong.
  • Dokumen pribadi dan keluarga
  • Manfaat dokumen.
  • Bagian utama tumbuhan dan hewan
  • Sifat benda
  • Bilangan 1 – 500
  • Mengurutkan bilangan.
  • Mendengarkan teks pendek.
  • Deskripsi puisi.
  • Percakapan]
  • Puiai
  • Membaca teks pendek.
  • Menjelaskan isi puisi
  • Melengkapi kalimat.
  • Menulis.
  • Unsur rupa
  • Gerak alam semesta.
III. Metoda Pembelajaran :
  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
  • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
  • Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Mengamati bilangan yang ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
F     Siswa membaca bilangan dengan tepat.
F     Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melalui pemberian tugas siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
F     Melakukan tanya jawab tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
F     Menceritakan kembali isi teks pendek dengan  bahasa sendiri.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke dua   3 x 35 menit  ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat mendeskripsikan isi puisi dengan menafsirkannya menggunakan bahasa sendiri
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
F     Siswa dapat membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
F     Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.
F     Melalui Tanya jawab siswa dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
F     Menyebutkan jenis – jenis dokumen pribadi dan keluarga.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa dapat membandingkan dua  kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari  dan kurang dari.
F     Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar dengan teliti.
F     Siswa dapat menbaca kalimat percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke empat  3 x 35 menit. ( B. Indonesia,IPA,  PKn )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Dengan penuh percaya diri siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
F     Dengan penjelasan guru siswa dapat memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melalui pengamatan dan percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.
F     Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
F     Siswa dapat memahami cara hidup bergotong royong.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke lima  3  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS,  Matematika )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
F     Siswa membaca teks pendek dengan susra yang nyaring ( terdengar oleh orang lain)
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa melakukan tanya jawab tentang teks yang telah dibaca.
F     Melalui penugasan siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
F     Siswa dapat memperlihatkan contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.
F     Melalui penugasan dari guru siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
F     Siswa menulis bilangan secara urut dari 1 – 500.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke enam  3 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Secara individual siswa membaca bilangan 1-500
F     Melalui pengamatan pada model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.
F     Siswa menjelaskan  mengenai unsur seni rupa .
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa menyebutkan bilangan dari 1 – 500  secara urut secara klasikal.
F     Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan jenis bidang dan bentuk.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama  3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Dengan penjelasan guru siswa dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa dapat mengelompokkan bilangan yang termasuk bilangan genap.
F     Siswa dapat menyusun percakapan dan memberikan  tanggapan terhadap cerita teman.
F     Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan.
F     Membaca puisi dan menceritakan isi puisi secara individual.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Guru menjelaskan tentang pengertian bilangan ganjil.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa dapat menyebutkan b10 bilngan ganjil dengan benar.
F     Siswa dapat mengajukan pertanyaan dari bacaan teks  yang telah dibacakan
F     Siswa disuruh membacakan teks pendek secara kelompok.
F     Secara individual siswa menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada waktu kecil.
F     Siswa menuliskan riwayat keluarganya.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga a   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
F     Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F     Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn, IPA )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Guru menjelaskan bagian –bagian dari tumbuhan secara keseluruhan .
F     Menjelaskan cerita yang didenagr dari guru/ orang lain.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa menyimpulkan isi teks pendek dari 10 – 15 kaliamt
F     Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh hidup rukun.
F     Siswa dapat menyebutkan bagian utama dari tumbuhan yang ada di lingkungan rumah.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke lima    3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Guru menjelaskan cara memelihara dokumen pribadi
F     Guru menjelaskan perbedaan bilangan genap dan bilangan ganjil.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa dapat menyusun kalimat menjadi sebuah cerita yang baik.
F     Siswa melengkapi sebuah cerita yang belum sempurna.
F     Siswa membawa dokumen berupa foto-foto kegiatan masing-masing.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, Seni Budaya dan Keterampilan,IPA )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Secara klasikal siswa menyebutkan bilangan genap
F     Siswa  individual siswa menyebutkan bilangan genap.
F     Siswa menyebutkan ciri-ciri benda padat dengan jelas.
F     Siswa menjelaskan sifat benda padat dari hasil yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Siswa menjelaskan bentuk ritme dengan keseimbangan kesatuannya.
F     Siswa dapat mengelompokkan berbagai ukuran yang telah ditentukan baik bintik, garis maupun bidang warna.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49.
F     Siswa secara klasikal menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49
F     Siswa menuliskan kalimat sederhana dengan mengguankan huruf sambung.
F     Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan oleh guru.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS ).
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Melalui penguasaannya siswa mampu mengulang bilangan 1 – 500 dengan diucapkan.
F     Denagn penulisan secara berulang siswa dapat menuliskan bilangan ganjil dengan berurut dari terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
F     Menulis kalimat dengan mengguanakn huruf sambung
F     Menyimak dan menuliskan kalimat dikte dengan memperhatikan huruf besar dan tanda baca.
F     Dengan pendapatnya masing-masing siswa memberi komentar
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
F     Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
F     Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F     Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menuliskan kalimat denga  menggunakan huruf kapital yang benar.
F     Guru mendiktekan  kalimat dengan menggunkan huruf kapital yang benar.
F     Guru menceritakan pengalaman saling berbagi dengan teman.
F     Siswa dapat menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke lima   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Dengan kecepatannya siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil.
F     Siswa dengan cepat menyebutkan bilangan genap.
F     Dengan penjelasan guru siswa dapat mempergunakan hurif kapital pada kalimat dengan benar.
F     Dengan pendapat yang disampaikannya siswa berani berkomentar tentang peristiwa yang dialami oleh temannya.
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, IPA, SBK )
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Dari perlombaan antar kelompok siswa menunjukkan keberaniannya untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru tentang bilangan ganjil dan bilangan genap.
F     Siswa membedakan antara benda padat  dengan benda cair.
F     Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menyebutkan sifat benda cair dan padat.
F     Dengan kekreatifannya siswa dapat menunjukkan sikap terhadap benda alam di sekitar.
F     Melalui gerakan siswa membedakan gerakan angin sepoi-sepoi dengan angin ribut.
F     Siswa meeragakan gerakan tari   yang menyerupai aliran air
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F     Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F     Mengerjakan post tes
F     Pemberian PR / tugas
V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F     Buku Pengetahuan sosial 2 SD kelas 1, Penerbit Buku relevan
F     Buku Sains SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F     Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 SD , Penerbit Buku relevanPratama
F     Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F     Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F     Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F     Buku Piwulang Basa SD Kelas 2, Penerbit Geugeur Sunten.
  • Alat Peraga  :
F     Kartu bilangan
F     Contoh benda cair, benda padat.
F     Gambar  tanaman dan binatang.
F     Lembar puisi.
F     Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk Instrumen ContohInstrumen
  1. PKn :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
2.   IPS :
  • Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
  • Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
  • Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.   IPA  :
  • Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
  • Menjelaskan sifat benda padat
  • Menjelaskan sifat benda cair.
4.    Matematika  :
  • Menentukan bilangan 1 samapai 500
  • Menentukan bilangan lebih besar.
  • Menentukan bilangan lebih kecil.
  • Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
  • Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  • Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
  • Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
  • Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
  • Menyebutkan pengertian bilangan genap.
  • Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
  • Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
  • Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia  :
  • Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
  • Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
  • Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
  • Mendeklamasikan puisi
  • Menjelaskan isi puisi
  • Memperagakan percakapn
  • Membuat percakapan.
  • Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
  • Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
  • Membaca teks dengan bersuara.
  • Mengajukan pertanyaan bacaan,
  • Menceritakan kembali isi bacaan.
  • Membaca puisi
  • menceritakan isi puisi..
  • Melengkapi cerita
  • Menyusun kalimat  menjadi cerita
  • Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
  • Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
Seni Budaya dan Keterampilan :
  • Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
  • Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
  • Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
  • Memilih objek benda alam yang menarik.
  • Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
  • Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
  • Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
  • Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
Tes lisan Tes tertulis uraianisian
  1. PKn :
  • Jelaskan arti rukun
  • Sebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
2.   IPS :
  • Tunjukkan dokumen diri dan keluarga
  • Ceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
  • Ceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
  • Sampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.   IPA  :
  • Jelaskanlah bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
  • Jelaskanlah sifat benda padat
  • Jelaskanlah sifat benda cair.
4.    Matematika  :
  • Tentukan bilangan 1 samapai 500
  • Tentukan bilangan lebih besar.
  • Tentukan bilangan lebih kecil.
  • Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
  • Bandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  • Susunkanlah bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
  • Susunkanlah bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
  • Tuliskanlah  bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
  • Sebutkan pengertian bilangan genap.
  • Sebutkan pengertian bilangan ganjil.
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
  • Kurutkanlah bilangan ganjil  dari 1 – 21
  • Kurutkanlah bilangan genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia  :
  • Dengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
  • Jawabkanlah pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
  • Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
  • Nafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
  • Jawabkanlah  pertanyaan tentang isi puisi
  • Jelaskanlah puisi
  • Jelaskanlah isi puisi
  • Peragakan percakapn
  • Buatkanlah percakapan.
  • Berikanlah tanggapan terhadap cerita teman.
  • Jelaskanlah puisi dengan ekspresi yang tepat.
  • Bacakanlah teks dengan bersuara.
  • Ceritakan kembali isi bacaan.
  • Membaca puisi dengan benar ?
  • Ceritakan isi puisi..
  • Melengkapi cerita
  • Susunkanlah kalimat  menjadi cerita
  • Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
  • Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Gunakan huruf capital dalam kalimat.
6 Seni Budaya dan Keterampilan :
  • Kelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
  • Kelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
  • Gungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
  • Pilihkanlah objek benda alam yang menarik.
  • gungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
  • Pilihkanlah keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
  • Bedakanlah gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
  • Tunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
  • LKS
  • Lmbar observasi.
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : …………………..
Anggota    :
  1. …………………………..
  2. ………………………….
  3. ………………………….
  4. ………………………….
  5. ………………………….
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No Peatalatan menggunakan listrik Peralatan tidak menggunakan listrik
1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda R
Pakaian
Celana
Handuk
TV
Kasur
Topi
Lemari es
Komputer
Tas
  1. A. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar* sebagian besar benar* sebagian kecil benar* semua salah 4321
2. Performansi
No. Aspek Kriteria Skor
1.2. KerjasamaPartisipasi * bekerjasama* kadang-kadang kerjasama* tidak bekerjasama* aktif  berpartisipasi * kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4214 2
1
3. Lembar Penilaian
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Kerjasama Partisipasi
1.2.3.4. 5.
6.
7..






CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
MengetahuiKepala Sekolah SD/MI …….( ………………..………… )NIP/NIK : …………………
………., ………………… 20…Guru Tematik Kelas II( …………………………… )NIP/NIK : …………………
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 
Nama Sekolah     :  ……………………………
Tema                    :  Diri Sendiri
Kelas/Semester     :  II / 1
Alokasi Waktu     :  3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
  • Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
  • Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
  • Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
  • Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
  • Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
  •  Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan
  • Seni Rupa                    :  Mengapresiasi karya seni rupa.
  • Seni Tari                      :  Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
  • Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2.   IPS
  • Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3.   IPA
  • Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
  • Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
4.   Matematika
  • Membandingkan bilangan 1 sampai 500
  • Mengurutkan bilangan sampai 500
5.      Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
  • Mendeskripsikan isi puisi
  • Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
  • Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
  • Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
  • Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
  • Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
  • Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
  • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
  • Mengidentifikasi gerak alam semesta
I.    Tujuan Pembelajaran****:
            Siswa dapat  :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
  • Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
  • Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
  • Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
  • Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
  • Menjelaskan sifat benda padat
  • Menjelaskan sifat benda cair.
  • Menentukan bilangan 1 samapai 500
  • Menentukan bilangan lebih besar.
  • Menentukan bilangan lebih kecil.
  • Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
  • Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  • Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
  • Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
  • Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
  • Menyebutkan pengertian bilangan genap.
  • Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
  • Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
  • Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
  • Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
  •  Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
  • Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
  • Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
  • Mendeklamasikan puisi
  • Menjelaskan isi puisi
  • Memperagakan percakapn
  • Membuat percakapan.
  • Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
  • Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
  • Membaca teks dengan bersuara.
  • Mengajukan pertanyaan bacaan,
  • Menceritakan kembali isi bacaan.
  • Membaca puisi
  • menceritakan isi puisi..
  • Melengkapi cerita
  • Menyusun kalimat  menjadi cerita
  • Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
  • Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
  • Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
  • Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
  • Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
  • Memilih objek benda alam yang menarik.
  • Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
  • Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
  • Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
  • Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
  • Hidup gotong royong.
  • Dokumen pribadi dan keluarga
  • Manfaat dokumen.
  • Bagian utama tumbuhan dan hewan
  • Sifat benda
  • Bilangan 1 – 500
  • Mengurutkan bilangan.
  • Mendengarkan teks pendek.
  • Deskripsi puisi.
  • Percakapan]
  • Puiai
  • Membaca teks pendek.
  • Menjelaskan isi puisi
  • Melengkapi kalimat.
  • Menulis.
  • Unsur rupa
  • Gerak alam semesta.
III. Metoda Pembelajaran :
  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
  • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
  • Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti   :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati bilangan yang ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
F Siswa membaca bilangan dengan tepat.
F Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian tugas siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
F Melakukan tanya jawab tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
F Menceritakan kembali isi teks pendek dengan  bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke dua   3 x 35 menit  ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat mendeskripsikan isi puisi dengan menafsirkannya menggunakan bahasa sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
F Siswa dapat membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
F Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.
F Melalui Tanya jawab siswa dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
F Menyebutkan jenis – jenis dokumen pribadi dan keluarga.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat membandingkan dua  kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari  dan kurang dari.
F Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar dengan teliti.
F Siswa dapat menbaca kalimat percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  ( B. Indonesia,IPA,  PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penuh percaya diri siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.
F Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
F Siswa dapat memahami cara hidup bergotong royong.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke lima  3  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS,  Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
F Siswa membaca teks pendek dengan susra yang nyaring ( terdengar oleh orang lain)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melakukan tanya jawab tentang teks yang telah dibaca.
F Melalui penugasan siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
F Siswa dapat memperlihatkan contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.
F Melalui penugasan dari guru siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
F Siswa menulis bilangan secara urut dari 1 – 500.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke enam  3 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, B.   
     Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara individual siswa membaca bilangan 1-500
F Melalui pengamatan pada model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.
F Siswa menjelaskan  mengenai unsur seni rupa .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan dari 1 – 500  secara urut secara klasikal.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan jenis bidang dan bentuk.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Minggu ke 2
    Pertemuan pertama  3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru siswa dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat mengelompokkan bilangan yang termasuk bilangan genap.
F Siswa dapat menyusun percakapan dan memberikan  tanggapan terhadap cerita teman.
F Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan.
F Membaca puisi dan menceritakan isi puisi secara individual.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang pengertian bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyebutkan b10 bilngan ganjil dengan benar.
F Siswa dapat mengajukan pertanyaan dari bacaan teks  yang telah dibacakan
F Siswa disuruh membacakan teks pendek secara kelompok.
F Secara individual siswa menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada waktu kecil.
F Siswa menuliskan riwayat keluarganya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    Pertemuan ke tiga a   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan bagian –bagian dari tumbuhan secara keseluruhan .
F Menjelaskan cerita yang didenagr dari guru/ orang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyimpulkan isi teks pendek dari 10 – 15 kaliamt
F Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh hidup rukun.
F Siswa dapat menyebutkan bagian utama dari tumbuhan yang ada di lingkungan rumah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     Pertemuan ke lima    3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara memelihara dokumen pribadi
F Guru menjelaskan perbedaan bilangan genap dan bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyusun kalimat menjadi sebuah cerita yang baik.
F Siswa melengkapi sebuah cerita yang belum sempurna.
F Siswa membawa dokumen berupa foto-foto kegiatan masing-masing.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
 Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, Seni Budaya dan Keterampilan,IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara klasikal siswa menyebutkan bilangan genap
F Siswa  individual siswa menyebutkan bilangan genap.
F Siswa menyebutkan ciri-ciri benda padat dengan jelas.
F Siswa menjelaskan sifat benda padat dari hasil yang telah dijelaskan oleh guru.
F Siswa menjelaskan bentuk ritme dengan keseimbangan kesatuannya.
F Siswa dapat mengelompokkan berbagai ukuran yang telah ditentukan baik bintik, garis maupun bidang warna.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Minggu ke 3
     Pertemuan pertama    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49.
F Siswa secara klasikal menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49
F Siswa menuliskan kalimat sederhana dengan mengguankan huruf sambung.
F Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan oleh guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS ).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penguasaannya siswa mampu mengulang bilangan 1 – 500 dengan diucapkan.
F Denagn penulisan secara berulang siswa dapat menuliskan bilangan ganjil dengan berurut dari terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
F Menulis kalimat dengan mengguanakn huruf sambung
F Menyimak dan menuliskan kalimat dikte dengan memperhatikan huruf besar dan tanda baca.
F Dengan pendapatnya masing-masing siswa memberi komentar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
F Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  
       Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan kalimat denga  menggunakan huruf kapital yang benar.
F Guru mendiktekan  kalimat dengan menggunkan huruf kapital yang benar.
F Guru menceritakan pengalaman saling berbagi dengan teman.
F Siswa dapat menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     Pertemuan ke lima   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan kecepatannya siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil.
F Siswa dengan cepat menyebutkan bilangan genap.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat mempergunakan hurif kapital pada kalimat dengan benar.
F Dengan pendapat yang disampaikannya siswa berani berkomentar tentang peristiwa yang dialami oleh temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari perlombaan antar kelompok siswa menunjukkan keberaniannya untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru tentang bilangan ganjil dan bilangan genap.
F Siswa membedakan antara benda padat  dengan benda cair.
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menyebutkan sifat benda cair dan padat.
F Dengan kekreatifannya siswa dapat menunjukkan sikap terhadap benda alam di sekitar.
F Melalui gerakan siswa membedakan gerakan angin sepoi-sepoi dengan angin ribut.
F Siswa meeragakan gerakan tari   yang menyerupai aliran air
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial 2 SD kelas 1, Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2, Penerbit Geugeur Sunten.
  • Alat Peraga  :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar  tanaman dan binatang.
F Lembar puisi.
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      PKn :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
2.   IPS :
  • Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
  • Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
  • Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.   IPA  :
  • Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
  • Menjelaskan sifat benda padat
  • Menjelaskan sifat benda cair.
4.    Matematika  :
  • Menentukan bilangan 1 samapai 500
  • Menentukan bilangan lebih besar.
  • Menentukan bilangan lebih kecil.
  • Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
  • Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  • Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
  • Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
  • Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
  • Menyebutkan pengertian bilangan genap.
  • Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
  • Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
  • Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia  :
  • Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
  •  Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
  • Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
  • Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
  • Mendeklamasikan puisi
  • Menjelaskan isi puisi
  • Memperagakan percakapn
  • Membuat percakapan.
  • Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
  • Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
  • Membaca teks dengan bersuara.
  • Mengajukan pertanyaan bacaan,
  • Menceritakan kembali isi bacaan.
  • Membaca puisi
  • menceritakan isi puisi..
  • Melengkapi cerita
  • Menyusun kalimat  menjadi cerita
  • Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
  • Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
Seni Budaya dan Keterampilan  :
  • Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
  • Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
  • Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
  • Memilih objek benda alam yang menarik.
  • Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
  • Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
  • Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
  • Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
Tes lisan Tes tertulis
uraian
isian
2.      PKn :
  • Jelaskan arti rukun
  • Sebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
2.   IPS :
  • Tunjukkan dokumen diri dan keluarga
  • Ceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
  • Ceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
  • Sampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.   IPA  :
  • Jelaskanlah bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
  • Jelaskanlah sifat benda padat
  • Jelaskanlah sifat benda cair.
4.    Matematika  :
  • Tentukan bilangan 1 samapai 500
  • Tentukan bilangan lebih besar.
  • Tentukan bilangan lebih kecil.
  • Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
  • Bandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  • Susunkanlah bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
  • Susunkanlah bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
  • Tuliskanlah  bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
  • Sebutkan pengertian bilangan genap.
  • Sebutkan pengertian bilangan ganjil.
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
  • Kurutkanlah bilangan ganjil  dari 1 – 21
  • Kurutkanlah bilangan genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia  :
  • Dengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
  • Jawabkanlah pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
  • Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
  • Nafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
  • Jawabkanlah  pertanyaan tentang isi puisi
  • Jelaskanlah puisi
  • Jelaskanlah isi puisi
  • Peragakan percakapn
  • Buatkanlah percakapan.
  • Berikanlah tanggapan terhadap cerita teman.
  • Jelaskanlah puisi dengan ekspresi yang tepat.
  • Bacakanlah teks dengan bersuara.
  • Ceritakan kembali isi bacaan.
  • Membaca puisi dengan benar ?
  • Ceritakan isi puisi..
  • Melengkapi cerita
  • Susunkanlah kalimat  menjadi cerita
  • Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
  • Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Gunakan huruf capital dalam kalimat.
6 Seni Budaya dan Keterampilan  :
  • Kelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
  • Kelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
  • Gungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
  • Pilihkanlah objek benda alam yang menarik.
  • gungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
  • Pilihkanlah keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
  • Bedakanlah gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
  • Tunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
  • LKS
  • Lmbar observasi.
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : …………………..
Anggota    :
  1. …………………………..
  2. ………………………….
  3. ………………………….
  4. ………………………….
  5. ………………………….
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
Peatalatan menggunakan listrik
Peralatan tidak menggunakan listrik
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10



Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
R
 Pakaian
Celana
Handuk
TV
Kasur
Topi
Lemari es
Komputer
Tas
A.    Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep * semua benar* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
2.
KerjasamaPartisipasi * bekerjasama* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1
4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7..






CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
sumber: adisaputrabtm.wordpress.com

12 komentar:

Makasih banyak Bu ataas infonya ^.^
saya sedang menempuh Pendidikan Profesi Guru SD di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin,,, makasih sekali lagi atas infonya

mba, backsoundny bagus banget..
kl boleh tau judul dan penyanyiny sapa yaa?
kl mba berkenan, kirim ke email aku yaa mba
erni.kristiyani@gmail.com

sungguh bermanfaat thx ^^

sungguh bermanfaat thx ^^

thnks tlh menlis tntg ini.......,

terimakasih atas artikelnya sangat membantu sekali,,,,,,
BTW,,,,,,ap judul lagu di blog ini...???? mohon penerangannya,,,,

terimakasih untuk tulisannya....
mudah2an akan lebih banyak lagi tulisan2 yang bermanfaat seperti ini
salam manis untuk mbak Ari nya...

kalau tidak salah itu lagunya Kiroro - Fuyu No Uta

Terimakasih.. tulisannya membantu saya memahami istilah ekplorasi dst

thank u 4 writing this,it helps me to understand what EEK is

Blog yang bagus, musik yang enak di dengar dan aticle yang oke

terima kasih ya..... informasinya sangat membantu.
lagunya dari negeri sakura ya? asik banget dengerinnya.....

Poskan Komentar

setelah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar..
Terima Kasih atas kunjungannya.. salam dari Ramlan & Ari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More