17 Jul 2010

Macam-macam Pemanis Buatan

Macam-macam pemanis buatan :
Siklamat
Citarasa ini amat disukai oleh anak-anak karena mampu mempertajam citarasa dari campuran yang digunakan, karena rasa manis yang mencolok Siklamat dapat menutupi rasa pahit. Di Indonesia sebenarnya bahan ini sudah dilarang penggunaannya kecuali untuk kepentinga pengobatan penderita diabetes namun pada kenyataanya masih saja ada yang menjual dan menggunakannya. Bahan ini sangat berbahaya  karena bisa menyebabkan kanker kandung kemih.

Sakarin
Bahan ini tidak jauh berbeda dengan siklamat fungsinya untuk menambah manis namun biasanya terasa oahit di pangkal lidah. Tapi apakah hal ini juga dirasakan oleh anak-anak kita ? Manisnya 700 kali gula
Aspartame
mengandung berbagai toksin yang meyebabkan gejala sakit kepala, alergi, dan gejala penyakit autoimun (autoimmune disease) serta menyebabkan penumpukan formaldehide ang merusak syaraf otak.
Sucralose, Klorinasi gula(sucrose), sudah bayak ditemukan efek samping seperti timbul rasa cemas, serangan panik, sakit kepala, gelisah, alergi dan diare.
Xylitol
Untuk jenis ini masih dibilang aman karena masih bisa digunakan untuk bahan-bahan konsumsi manusia. Xylitol dapat dijumpai pada permen atau tablet hisap. Biasanya akan terasa dingin jika lumer atau cair dalam mulut. Bahkan dipasaran sudah ada produk yang terang-terangan menggunakan brand Xylitol untuk produknya.
Sorbitol
Pemanis ini juga aman karena masih boleh digunakan untuk konsumsi manusia. Pemanis ini memberikan efek lembut dan dingin di lidah dan mulut.

0 komentar:

Posting Komentar

setelah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar..
Terima Kasih atas kunjungannya.. salam dari Ramlan & Ari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More