17 Jul 2010

Menjaga Kesehatan Telinga


  1. Bila terkena pilek jangan mengeluarkan ingus atau menyedot – nyedot hidung terlalu keras karena bisa menyebabkan infeksi dari hidung menyebar ke telinga.
  2. Bersihkan telinga bagian luarnya saja, tak perlu sampai ke bagian dalam. Karena di bagian liang telinga terdapat kelenjar minyak (serumen) yang berfungsi mencegah masuknya serangga, yang kemudian membentuk kotoran atau bakteri. Di saat normal, kelenjar ini akan mengeluarkan minyak sedikit demi sedikit yang kemudian membentuk kotoran yang lembek dan akan mengering dengan sendirinya.
  3. Kenali jenis kotoran telinga. Jika jenis kotorannya lunak dan jumlahnya sedikit, kotoran itu akan menguap dengan sendirinya. Sedangkan kalau jumlahnya banyak, bisa dibersihkan dengan cotton buds di bagian daun telinga. Tapi jika kotorannya jenis kering, sebaiknya meminta dokter THT untuk membersihkannya. Sebab, kotoran ini harus disedot atau diberi obat tetes penghancur. Kalau membersihkan sendiri, kotoran malah akan terdorong masuk lebih dalam sampai ke gendang telinga, sehingga menumpuk dan membatu.
  4. Tergantung serumen (kotoran telinga). Pembersihan liang telinga tergantung banyak tidaknya produksi serumen seseorang. Makin cepat dan banyaknya serumen yang terbentuk, maka tiap bulan sekali dibersihkan. Tapi kalau kotoran telinga yang dihasilkan sangat sedikit, cukup 2 – 3 bulan sekali.
  5. Serangga kecil atau semut juga bisa mengganggu telinga. Serangga yang masuk ke dalam telinga bisa berdampak infeksi akibat gigitannya. Untuk itu perhatikan alas tidur, pastikan tidak ada serangga yang bisa masuk ke telinga.
  6. Saat berenang, keramas atau bahkan mandi, kadang air tidak sengaja masuk ke dalam telinga. Sebaiknya tidak perlu khawatir jika air yang masuk air bersih, karena akan keluar dengan sendirinya. Namun jika yang masuk air kotor, harus hati – hati karena bisa saja semakin menumpukkan kotoran dalam telinga. Untuk itu segeralah periksa ke dokter THT untuk penanganan lebih lanjut.
Sumber :
Harian JogloSemar, Jumat, 14 Mei 2010

1 komentar:

Thanks gan info nya,
sangat bermanfaat sekali bagi sya,,,
Tips Kesehatan dan Kecantikan

Posting Komentar

setelah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar..
Terima Kasih atas kunjungannya.. salam dari Ramlan & Ari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More