Langsung ke konten utama

Tips menghindari junk food

Bagi Anda yang doyan dengan makanan junk food atau cepat saji, dan sekarang ingin mengurangi kebiasaannya itu, bacalah dengan seksama tips berikut ini :
  1. Biasakan sarapan dan makan di rumah karena lebih sehat dan bergizi. Jadi sebelum berangkat sekolah atau jalan – jalan, terutama ke mal, usahakan sarapan sehingga perut kenyang dan niat jajan pun berkurang.
  2. Kalau tidak mampu membendung keinginan untuk mengonsumsi junk food, beli saja porsi terkecil. Misalnya dalam satu paket hemat ada dua potong ayam, lebih baik dibagi dua dengan keluarga. Saat membeli es krim, minuman soda atau menu lain, pilih paket kecil atau reguler. Jangan pernah tergoda dengan bumbu tambahan karena bisa menambah kandungan kalori dalam makanan.
  3. Bagi mereka yang merasa kesulitan lepas dari junk food, sebaiknya atasi dengan minum air putih yang banyak. Meski menurut anjuran cukup delapan gelas per hari, namun lebih dari itu juga semakin baik. Sebab air putih membantu proses pembuangan semua racun – racun dalam tubuh. Termasuk zat yang terkandung dalam junk food.
  4. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur. Paling tidak seminggu tiga kali, setengah sampai satu jam dalam sehari. Dengan berolahraga maka kalori dalam tubuh akan terbakar.
  5. Imbangi pula junk food dengan makan sayur dan buah – buahan. Dua jenis makanan ini tinggi kadar seratnya. Sangat bagus untuk mengimbangi tubuh yang sudah kemasukan junk food.
  6. Tiap kali keluar rumah jangan malu membawa buah – buahan dalam tas. Pilih buah yang mudah dibawa seperti apel, pir, tomat, pisang, jeruk, anggur atau stroberi. Begitu rasa lapar menyerang langsung saja lahap buah – buahan itu. Jika sudah membudaya, asupan junk food berkurang dengan sendirinya.
  7. Untuk mengurangi masukan natrium (garam), kurangi asupan saus tomat maupun saus sambal.
  8. Pilihlah ayam yang tidak terlalu crispy. Sebab ayam goreng crispy digoreng dalam minyak bersuhu tinggi dan waktu lebih lama.
  9. Lakukan secara perlahan – lahan dan dengan niat yang kuat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESENSI,PROSES, DAN WILAYAH ADMINISTRSI PENDIDIKAN

PEMBELAJARAN DENGAN EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI

Penilaian Kelas