ESENSI,PROSES, DAN WILAYAH ADMINISTRSI PENDIDIKAN

Dalam mengelola pendidikan  diperlukan cara berfikir sistemik dengan selalu mempertimbangkan faktor internal dan eksternal dalam menghadapi permasalahan sehingga organisasi/lembaga pendidikan (sekolah)  dapat menjadi lebih kuat, produktif dan bermutu”. Itulah simpulan yang bisa didapat dari kajian buku yang berjudul “Administrasi Pendidikan” karya  Dr. Uhar Suharsaputra, M.Pd.

Karya terbaru dari Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan dan juga Dosen Program Sarjana dan Pascasarjana Universitas Kuningan ini  diterbitkan pada bulan Juni 2010 oleh PT Refika Aditama Bandung, dengan jumlah halaman sebanyak 335.

Adminitrasi
Buku tentang Administrasi Pendidikan ini ditulis berdasarkan pendekatan sistem dengan memperhatikan faktor-faktor strategis pendidikan yang terbingkai ke dalam tiga  bagian utama, yaitu esensi, proses  dan wilayah kerja, sehingga pembaca akan diajak untuk memperoleh pemahaman komprehensif  tentang hal-hal esensial dan krusial yang berkaitan dengan pengelolaan kelembagaan pendidikan.
Dalam Bab 1 disampaikan tentang  Konsep Administrasi Pendidikan. Membahas tentang konsep administrasi/manajemen  dan konsep administrasi/manajemen secara umum, yang dapat dijadikan sebagai dasar dan pengantar untuk memahami lebih lanjut hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan.
Bab 2 membahas  tentang  Sekolah sebagai Organisasi Pendidikan, yang merupakan wilayah kerja administrasi pendidikan. Di dalamnya kita akan diajak mengenal tentang sekolah  sebagai learning organization, kinerja organisasi pendidikan, serta sekolah efektif sebagai salah satu cerminan dari kinerja organisasi   pendidikan.
Bab 3 mengupas tentang  Iklim dan Budaya Organisasi Sekolah. Pada bab 3 ini, pembaca akan diajak mengenal  tentang konsep iklim sekolah  dan budaya sekolah.  Selanjutnya, pembaca diperkenalkan pula tentang level-level budaya organisasi,  pembentukan budaya organisasi serta efeknya terhadap organisasi dan kekuatan budaya organisasi terhadap anggota organisasi.
Bab 4 mengurai tentang  Kepemimpinan Pendidikan, yang diawali dengan sajian tentang konsep kepemimpinan secara umum, fungsi dan proses kepemimpinan, teori-teori kepemimpinan. Secara khusus dikupas pula tentang kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan enterpreneur,–dua model kepemimpinan yang saat ini sedang dikembangkan dan digiatkan  dalam dunia pendidikan kita.   Dalam bab ini dikemukakan pula tentang kepemimpinan pendidikan kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan dalam organisasi sekolah
Bab 5 menyajikan tentang   Pengembangan Kinerja Guru, yang didahului dengan penjelasan konsep kinerja secara umum, model-model kinerja, penilaian kinerja serta fungsinya.  Pembahasan utama pada bab ini  yaitu berkenaan dengan kinerja  guru dalam proses pembelajaran dan pengembangan profesi.
Bab 6 memuat  tentang  Kompetensi sebagai Dasar  Pengembangan Kinerja Guru. sebagai elaborasi lanjut dari pembahasan  yang tersaji dalam bab 5 yang menyoal tentang pengembangan kinerja guru berbasis kompetensi dan keterkaitannya dengan sertifikasi guru beserta dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan.
Bab 7 membicarakan tentang Mutu Pendidikan. Sebuah topik yang aktual dan relevan dengan kondisi kekinian dunia pendidikan kita. Di sini penulis menyajikan tentang konsep dasar mutu secara umum dan dalam konteks pendidikan. Selanjutnya  disampaikan pula tentang upaya penjaminan mutu,  konsep, pendekatan, proses, dan fungsi audit mutu
Bab 8 mengetengahkan tentang seputar Pembiayaan Pendidikan. Pada bab ini disampaikan tentang pembiayaan pendidikan, penganggaran, manajemen keuangan sekolah dan hubungan antara biaya pendidikan dengan mutu pendidikan.
Bab 9 menjelaskan tentang Inovasi Pendidikan dan Peran Guru. Sudah pasti  merupakan sebuah kajian penting untuk diketahui oleh semua pihak yang terkait dengan pendidikan. Di bab terakhir ini, penulis berusaha menawarkan pemikirannya tentang hal-hal yang berkaitan dengan upaya inovasi  pendidikan  yang didalamnya melibatkan peran guru sebagai  tulang punggung dan ujung tombak keberhasilan pendidikan kita.
Dari kerangka isi  di atas kita bisa menangkap  bahwa  secara jeli penulis berhasil mengangkat dan menuangkan berbagai tema dan isu strategis pendidikan yang sedang berkembang saat ini. Oleh karena itu, tampaknya sangat mungkin  buku ini akan dapat memberikan keluasan dan kedalaman cakrawala berfikir Anda dalam melihat Administrasi Pendidikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN DENGAN EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI

Penilaian Kelas