31 Agt 2010

FAKTOR PENYEBAB WINDOWS XP LAMBAT

Faktor Penyebab Windows XP

gambar windows xp.gifMeskipun sekarang sudah ada pengganti Windows XP, yaitu Windows Vista dan Windows 7, tapi masih banyak juga para pengguna setia dari Windows XP yang enggan untuk berpindah dan meninggalkan sistem operasi yang satu ini.

Bagi mereka yang tetap setia menggunakan Windows XP tentu sudah paham betul bahwa semakin sering digunakan maka kinerja Windows XP di komputer kita akan semakin melambat dan hal ini lama kelamaan akan sangat mengganggu. Ada banyak sebab mengapa Windows XP menjadi semakin lambat dan untuk mengatasi masalah seperti itu sebenarnya tidak terlalu sulit.
Berikut ini beberapa kemungkinan faktor penyebab Windows XP di komputer kita semakin lambat:



Fragmentasi file
Semakin sering kita menggunakan komputer, maka semakin sering file-file tersebut berpindah dan menjadi terfragmentasi. Itulah sebabnya Windows XP memasukkan servis "defragmentasi" yang akan menscan komputer kita dan mensortir file-file kita sehingga dapat menjadi lebih mudah ditemukan dan diakses. Defragmentasi juga memungkinkan Windows dan software yang lainnya berjalan lebih cepat. Untuk mendefragmentasi komputer kita:
Start -- buka folder "Accessories" -- klik "System Tools" -- dan pilih "Disk Defragment." Selanjutnya pilih drive disk yang ingin didefragmentasi dan klik "Defragment".

Virus
Virus komputer dan juga macam-macam malware, dapat mempengaruhi kinerja komputer kita serta menghabiskan resourse (sumber daya) komputer dengan melakukan suatu pekerjaan yang tidak produktif. Untuk mengatasinya gunakan program antivirus dan lalu scan komputer kita untuk mengetahui apakah ada malware, spyware atau yang lainnya yang kemungkinan menyebabkan komputer kita menjadi lambat.
Terlalu banyak program Start-Up
Jika kita memiliki banyak program dan service yang aktif ketika komputer booting maka ini secara signifikan dapat mempengaruhi kecepatan komputer kita. Untuk memilih dan menghapus program-program yang berjalan saat Start-Up kita bisa:
Start -- klik "Run.." -- ketik "msconfig" di kotak "Run.." dan lalu tekan Enter yang akan memunculkan layar "System Configuration".
Setelah muncul layar "System Configuration", klik tab "Startup" dan pilih program-program yang boleh berjalan di saat booting Windows.
Kebanyakan data
Semakin banyak data tersimpan di hard disk, maka Windows akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengakses dan membuka data tersebut. Hapus sebagian program atau file-file yang tidak digunakan dan tidak dibutuhkan lagi agar ruang hard disk menjadi lebih lowong yang nantinya akan dapat membuat Windows menjadi lebih cepat ketika membuka program atau file.
Hardware yang perlu diupgrade
Hardware berpengaruh banyak terhadap kecepatan dan membuat sistem operasi berjalan mulus. Jika komputer kita kekurangan RAM, Windows akan berjalan lambat. Jika motherboard atau kartu video (VGA) memiliki driver yang tidak uptodate maka dengan mengupdatenya akan membantu komputer kita menjadi lebih cepat.




Sumber : http://www.erakomputer.com

0 komentar:

Poskan Komentar

setelah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar..
Terima Kasih atas kunjungannya.. salam dari Ramlan & Ari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More